Tuesday, November 12, 2013

Tips Sukses Adsense VI Iklan yang Relevan

Ini adalah Bagian ke-6 dari artikel bersambung: Tips Sukses Adsense Untuk Blogger. Ada baiknya anda membaca terlebih dahulu Bagian 5 untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Sampai saat ini, kita sudah membahas 2 dari 4 Rumus Keberhasilan Adsense, yaitu meningkatkan trafik tinggi dan mendapatkan iklan yang bernilai tinggi. Sekarang, saatnya kita membahas faktor yang ke-3, yaitu mendapatkan iklan yang relevan. Sekedar untuk mengingatkan kembali rumus keberhasilan Adsense adalah:

Penghasilan Adsense = trafik tinggi + iklan bernilai tinggi + iklan yang relevan + penempatan dan desain iklan

Oke, sekarang mari kita fokus ke faktor ke-3 yang sedang kita bicarakan, yaitu mendapatkan iklan yang relevan. Faktor ini sama pentingnya dengan faktor yang lainnya. Karena meskipun kita telah mendapatkan trafik yang tinggi, juga sudah berhasil mendapatkan iklan yang bernilai tinggi dengan memilih keyword yang "mahal", tapi jika iklan yang tampil di blog kita tidak relevan dengan konten blog, maka tidak akan mampu memberikan pengaruh pendapatan yang diharapkan.

Mari, saya beri gambaran. Kita ambil sebuah contoh, misalkan topik blog adalah tentang alat-alat kesehatan. Blog anda sudah berisi puluhan (ratusan, bahkan) artikel pilihan tentang topik alat-alat kesehatan. Blog anda juga sudah menguasai hasil pencarian di mesin pencari dengan keyword alat-alat kesehatan. Tapi, ketika dibuka oleh pengunjung, iklan dari Adsense yang tampil justru adalah kebanyakan tentang blogging! Bisa ditebak. Orang-orang yang mengunjungi blog anda, adalah orang yang tertarik dengan alat-alat kesehatan, dan mereka akan sangat kecil kemungkinannya untuk mengklik iklan tentang dunia blogging!

tips sukses adsense, mencari iklan yang relevan
Sekarang tantangannya adalah, bagaimana caranya mendapat iklan yang relevan? Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan:
  • Pastikan ada iklan untuk keyword yang kita bidik. Cara yang paling mudah, lakukan pencarian lewat Google. Lihat hasilnya. Apakah ada iklan di hasil pencarian tersebut? Jika tidak ada maka itu pertanda buruk, karena kita mau tidak mau harus mencari keyword baru. Ambil sebagai contoh, jika keyword untuk "kursi santai" tidak mengandung iklan, cobalah "kursi santai bayi", "kursi bayi" dan sebagainya. Coba berbagai kombinasi, sampai anda menemukan yang tepat.
  • Fokus pada satu topik. Usahakan agar pada setiap postingan (entri) kita hanya membahas satu topik saja. Adakalanya kita sering membahas banyak atau lebih dari satu topik dalam satu postingan. Ini akan membuat bingung bot Adsense untuk menentukan topik suatu halaman. Ujung-ujungnya, kita akan mendapatkan iklan yang tidak relevan. Jadi, jika memang artikelnya agak panjang, dan harus memuat beberapa topik sekaligus, bagilah menjadi beberapa bagian.
  • Tingkatkan densitas keyword anda. Semakin banyak keyword dipakai, semakin besar kesempatan mendapatkan iklan yang relevan dengan topik tersebut. Saya sendiri tidak tahu bagaimana cara bot Adsense menentukan iklan apa yang paling cocok dengan topik halaman blog kita. Tapi, setidaknya saya sarankan untuk menyertakan keyword di judul artikel dan minimal satu lagi di paragraf pertama, kemudian sebar dengan alami pada alenia-alenia berikutnya. Baik juga jika menuliskan keyword dengan huruf tebal, miring, garis bawah dan sebagainya sebagai penekanan. Hal ini untuk memastikan bot Adsense menampilkan iklan yang relevan dengan topik yang sedang dibicarakan.
  • Periksalah menu, sidebar, header dan footer blog. Bot Adsense sepertinya tidak hanya memperhatikan artikel utama untuk menentukan topik blog kemudian memilihkan iklan yang cocok, tapi juga akan memeriksa menu, sidebar, termasuk header dan footer blog. Jadi, jika menu, tulisan atau footer yang tidak sesuai dengan topik sebaiknya dihapus saja.
  • Blok iklan yang tidak relevan. Jika telah melakukan hal-hal di atas, tapi kita tetap terus menerus mendapatkan iklan yang tidak relevan: blok saja iklan tersebut. Untuk mengklik iklan untuk mengetahui url iklan tersebut, ikuti panduan dari Google Adsense, jangan sampai kita melanggar kebijakan Adsense. 
Bagaimana? Mudah bukan? Jika sudah melakukan semua hal di atas, seharusnya sekarang kita telah mendapatkan iklan yang relevan dengan topik blog kita masing-masing. Tentunya, ini diharapkan mampu meningkatkan CTR (Click Through Rate) dan ujung-ujungnya mampu meningkatkan pendapatan dari Adsense.

Pada tulisan berikutnya, kita akan membahas faktor terakhir dari Rumus Keberhasilan Adsense, yaitu penempatan dan desain iklan. Semoga bermanfaat, sukses untuk kita semua.

Update: saya telah menulis tips tambahan untuk meningkatkan relevasi iklan.
Salam.
Selengkapnya: Bag 1 | Bag 2 | Bag 3 | Bag 4 | Bag 5 | Bag 6 | Bag 7 | Bag 8

No comments:

Post a Comment